5 Destinasi Wisata Alam Bagus di Brebes

Brebes adalah sebuah kabupaten di Jawa Tengah yang berbatasan langsung dengan Cirebon di Jawa Barat. Brebes adalah kabupaten terluas kedua di Provinsi Jawa Tengah setelah Cilacap.Brebes merupakan kabupaten dengan jumlah penduduk paling banyak di Jawa Tengah. Sebagian besar penduduk di Brebes ini bermata pencaharian sebagai petani bawang, sehingga di sini terkenal banget sama bawangnya. Dalam kehidupan sehari-hari, masyarakat di kota ini sebagian menggunakan bahasa Sunda serta bahasa jawa dengan dialeg khas Ngapak. Selain terkanal dengan sebutan kota bawang dan kota telur asin, Brebes juga memiliki sejumlah lokasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Berikut ini tempat wisata yang ada di Brebes.

  1. Kebun Teh Kaligua

Kaligua adalah sebuah kebun teh. Di sini merupakan obyek wisata yang sangat cocok buat kamu yang hobby melihat pemandangan. Lokasi Kaligua ini ada di Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan. Kaligua ada di wilayah Brebes bagian selatan. Agrowisata Kaligua ini dikelola oleh PT Perkebunan Nusantara IX (Persero) Jawa Tengah dan merupakan diversifikasi usaha untuk meningkatkan optimalisasi aset perusahaan dengan cara menjadikannya tempat wisata. Di sini udaranya cukup dingin, jadi kamu bisa mempersiapkan jaket. Obyek wisata brebes Kebun teh di Kaligua ini memiliki pemandangan yang indah yaitu berupa hamparan kebun teh yang hijau serta udara yang segar karena berada di kawasan pegunungan.

Di areal ini, kamu tidak cuma bisa menikmati pemandangan kebun teh saja, tapi juga ada beberapa tempat lainnya seperti Telaga Ranjang, Goa Jepang, Dan Mata Air Tuk Bening. Selain itu, di tempat ini juga terdapat beberapa permainan outbond yang bisa kamu coba. Kalo ngaku lakik harus berani nyoba. Pihak pengelola sudah menyediakan fasilitas penginapan buat kamu yang ingin menginap. Di sini terdapat villa-villa juga yang bisa disewa. Selain itu untuk fasilitas penunjangnya juga ada gedung pertemuan, area outbond, area perkemahan, lapangan olahraga, kafe, pusat layanan kesehatan, sarana ibadah, dan lain-lain. Untuk masuk kawasan Agrowisata, kamu hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp. 8.000,-. Selain itu, di sini juga ada banyak paket wisata yang bisa kamu coba.

  1. Curug Putri

Curug Putri berlokasi di Dukuh Padanama, Desa Mandala, Kec. Sirampog, Kab. Brebes. Curug Putri ini memiliki ketinggian kurang lebih 35 meter. Jika kamu melihat tebing yang ada di sekitar air terjun ini, kamu akan mendapati sebuah ukiran alami di tebing ini membentuk ornamen yang epik. Lokasi Curug Putri ini bisa dibilang cukup sulit. Jalannya masih belum diaspal, selain itu kendaraan pun tak bisa masuk sampai lokasi curug. Kamu harus melakukan tracking untuk sampe lokasi air terjunnya. Untuk masuk ke sini, kamu tidak perlu biaya masuk, hanya perlu membayar parkir.

Curug Putri ini dulunya mempunyai dua sumber pancuran air dan biasa dikenal dengan nama Curug Kembar. Namun untuk saat ini tinggal satu namun memiliki panorama yang eksotik. Mulai dari pohon rimbun hingga tebing bebatuan yang terbentuk secara alami. Bila disaksikan dari bawah, keindahan Curug Putri ini tak kalah dengan air terjun lain yang ada di luar negeri. Semua tantangan ketika menuju tempat ini dijamin dibayar lunas oleh kesegaran hawa di sekitar air terjun dan keindahan pesona air terjun yang disajikan tempat ini. Meski belum memiliki fasilitas penunjang yang memadai, namun air terjun ini tetap ramai dikunjungi wisatawan yang ingin bermain air atau sekedar duduk di tepi air terjun menikmati keindahannya.

  1. Pantai Randusanga

Salah satu pantai indah yang ada di kota Brebes adalah Randusanga. Pantai ini terletak di di desa Randusanga Kulon jaraknya sekitar 12 km ke arah utara dari kota Brebes dan berada sekitar 7 km di sebelah utara jalur pantura. Pemandangan pantai ini cukup indah. Di kawasan pantai ini dimanfaatkan untuk membudiyakan rumput laut dan ikan bandeng. Di pantai ini anda bisa menikmati pemandangan pantai yang berpasir putih dengan ombak yang tidak terlalu besar. Selain itu, Di sini juga terdapat makanan khas yaitu rujak uleg.

Fasilitas yang ada disini adalah mainan anak, panggung gembira, arena balap motor (grass track), camping ground, kafe dan rumah makan khas ikan laut bakar serta kios-kios yang menjual oleh-oleh khas Brebes berupa telur asin dan bawang merah. Tiket masuk kepantai ini cuma Rp. 10.000. Selain itu pemandangan perkebunan bawang, budidaya rumput laun serta ikan bandeng. Di Pantai Randusanga yang lokasinya dekat dengan Jalur Pantura ini juga memiliki fasilitas yang menarik seperti Camping Ground, Arena Balap Motor, Mainan Anak,  dan Rumah Makan.

  1. Kalibaya Park

Pesona dan eksotisme alam Brebes nampaknya tak ada habisnya untuk dieksplor. Satu demi satu objek wisata baru terus bermunculan, contohnya adalah tempat wisata Kalibaya Park yang berada di atas Puncak Malio ini. Kawasan Lio Rimba Raya atau biasa disingkat Kalibaya Park adalah sebuah destinasi wisata baru yang terletak di Puncak Lio Desa Pasirpanjang Kecamatan Salem Brebes. Kalibaya yang di kelola secara swadaya oleh LMDH Manguntapa, beserta Kelompok Sadar wisata (Pokdarwis Manguntapa) dan karang taruna HIPPEMAP  Desa Pasirpanjang ini setiap libur akhir pekan dan tanggal merah selalu dikunjungi tidak kurang 900 sampai 1500 wisatawan.

Kalibaya Park menyuguhkan pesona alam pemandangan puncak gunung dengan view langsung ke Waduk Malahayu.Beberapa wahana dan spot yang tersedia ditempat wisata yang berlokasi tepat berada di pinggir jalan provinsi pantura – jalur selatan ini antaranya, Gardu Pandang dengan View Waduk Malahayu & Laut Jawa, Area Outbond, Taman Bermain dan Bersantai, Rumah Pohon, Track ATV, Padang Savana, Open stage dan masih banyak spot yang anda bisa temukan disini. Biaya harga tiket masuk obyek wisata Kalibaya Park di Brebes Jawa Tengah ini cukup bersahabat, kita hanya mengeluarkan uang Rp. 3.000,- / orang di hari biasa, sedangkan untuk di akhir pekan dan hari libur.

  1. Bukit Panenjoan

Bukit Panenjoan merupakan wisata perbukitan yang menyuguhkan pemandangan alam yang asri nan hijau dipandu dengan landscape pegunungan. Bukit Panenjoan terletak tak jauh dari Jln. Raya Windusakti-Capar. Tepatnya, di Dsn. Babakan, Dsa. Wanoja, Kec. Salem, Brebes, Jawa Tengah. Memakan jarak tempuh sekitar 70 KM atau sekitar 2,5 jam perjalanan dari pusat kota Brebes. Bukit Panenjoan memiliki sejumlah fasilitas, beberapa di antaranya; kursi duduk untuk bersantai sembari menikmati pemandagan alam, warung makan, dan gardu pandang. Nah, gardu pandang inilah yang biasanya menjadi spot andalan di obyek wisata Bukit Panjenoan. Para wisatawan rela antri demi mendapatkan foto yang cantik dan ciamik. Oh iya, waktu terbaik berada di sini adalah pagi hari. Kenapa pagi hari? kerena sunrise-nya eksotis sekali.

Tempat ini masih sangat baru, harap maklum jika fasilitas belum terlalu memadai. Untuk tiket masuknya, berbahagialah, karena kamu bisa menikamtinya keindahannya secara cuma-cuma alias gratis. Bukit Panenjoan merupakan tempat wisata yang masih baru di Kabupaten Brebes, jadi pengelola tentunya ingin memberikan pelayanan yang sesuai. Diantara fasilitas yang sudah ada disini yakni: Tempat parkir, Tempat sampah, Warung, Tempat istirahat, Dan lain sebagainya. Sedangkan untuk biaya retribusinya yaitu: Biaya Karcis/Tiket Masuk : Rp. 5.000,00/orang, Biaya Parkir: Rp. 2.000,00/motor, danBiaya foto di gardu pandang: Rp. 5.000,00.

Top

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *