5 Destinasi Wisata Alam Menarik di Boyolali

Boyolali salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang dulunya tergabung dalam karesidenan Surakarta dan letaknya yang dekat dengan Surakarta. Boyolali. Kabupaten yang pernah mendapat piala Adipura 11 kali dari pemerintah ini memang layak mendapatkan penghargaan sebagai kota terbersih. Setiap sudut kota memang tertata dengan rapih dan bersih. Ditambah, hawa sejuk khas pegunungan, yang membuat siapa saja betah berlama-lama. Boyolali dikenal oleh masyarakat umum sebagai kota penghasil susu sapi murni terbaik dan terbesar yang ada di Jawa Tengah. Karena kualitasnya yang bagus, beberapa kafe dan warung di daerah Yogyakarta dan Solo mempercayai dan memproduksi susu sapi murni dari Boyolali. Dan karena kenikmatannya juga, susu murni ini diproduksikan ke kota-kota besar. Selain itu, Boyolali juga dikenal memiliki udara yang sejuk. Hal ini dikarenakan lokasi Boyolali yang berada tepat dibawah kaki gunung Merapi dan Merbabu. Maka dari itu, sangatlah cocok jika daerah tersebut dijadikan sebagai tempat wisata. Tempat wisata di Boyolali Jawa Tengah tidak akan kalah seperti tempat wisata di daerah lainnya karena keanekaragaman tempat wisata yang tidak akan anda temukan ditempat lain.

  1. Air Terjun Kedung Kayang

Air terjun ini berada di antara Gunung Merbabu dan Merapi serta aliran airnya pun lumayan deras. Tepatnya di perbatasan Desa Wonolelo, Magelang dengan Desa Klakah, Boyolali. Untuk jarak tempuh dari Boyolali dan Magelang memang tak begitu jauh sampai 30 km, untuk selang waktu perjalan kemungkinan besar menghabiskan waktu sekitar 1 jam sedangkan dari Jogja membutuhkan waktu sekitar 1,45 jam untuk jarak 55 km. Konon katanya warga masyarakat Magelang juga menginginkan air terjun ini, dan menjadi rebutan antar warga yang berada di Kecamatan Sawangan Magelang dan Kecamatan Selo, Boyolali. Sampai saat ini air terjun ini di dominasi oleh Warga masyarakat boyolali sebagai tempat wisatanya.

Sebagai tempat wisata yang indah, para pengelola juga menyediakan tempat istirahat dibawah air mata mengalir yang jernih di bawah air terjun. Tenang saja ketika anda ke malaman, anda dapat menginap di sekitaran area air terjun dan juga tersedia warungnya terutama dikunjungi pada waktu liburan nasional dan libur weekend. Air terjun kedung kayang adalah objek wisata Boyolali paling terkenal dan menjadi favorit wisatawan yang datang liburan ke Boyolali. Air terjun ini memiliki keindahan yang sangat luar biasa, pemandangan sekitarnya masih alami dan asri. Kedung Kayang merupakan air terjun dengan debet air yang cukup tinggi. Meski begitu, masih relatif aman untuk mandi di bawah air terjun. Air yang jatuh dari air terjun ini mengalir ke sebuah sungai kecil berbatu. Karna berada di ketinggian 950 mdpl maka suasana di sekitar air terjun terasa sangat segar. Hanya ada suara gemuruh air terjun serta canda tawa para pengunjung yang akan terdengar di sekitar lokasi air terjun. Suasana semacam ini sangat ideal untuk berkontemplasi seraya menyegarkan pikiran agar kembali kreatif saat kembali ke rutinitas. Untuk harga tiket masuk Air terjung Kedung Kayang dihargai Rp.2500 per orang.

  1. Omah Bambu Merapi

Oemah Bamboe adalah salah satu tempat wisata yang cukup hits dikawasan Selo, Oemah Bamboe terletak tepat di kaki Gunung Merapi, tepatnya diatas logo New Selo yang terpampang besar layaknya tulisan Hollywood. Lokasi Oemah Bamboe ini berada diketinggian sekitar 1700 Mdpl, membuat udara di tempat wisata Boyolali tersebut cukup sejuk , ditambah dengan banyaknya pepohonan dan tanaman hijau yang menyegarkan mata akan senantiasa membuatmu betah berlama-lama disini. Oemah Bamboe menawarkan pemandangan yang sangat indah, di tempat wisata ini kita bisa melihat megahnya Gunung Merbabu yang berada tepat didepan mata kita, dan Gunung Merapi yang menjadi backgroundnya.

Selain itu lokasinya yang sejalur dengan jalur pendakian Gunung Merapi membuat tempat wisata ini kian ramai, Oemah Bamboe sendiri sebenarnya adalah sebuah kedai kopi, jadi kita bisa bersantai meleihat pemandangan bersama teman sambil menikmati secangkir kopi yang segar. Fasilitas yang tersedia adalah Warung Makan, Toilet, Spot Foto, Menara, Dan masih banyak lagi. Sedangkan untuk Harga Tiket Masuk Oemah Bamboe Merapi Rp. 5.000/orang dan untuk jam bukanya 06.00 – 20.00 WIB.

  1. Bukit Gancik

Bukit ini terletak di Dusun Selo Nduwur, Desa Selo, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali. Sejak di kawasan tersebut dibangun gardu pandang, bukit Gancik yang berada di ketinggian sekitar 1.900 mdpl di lereng Gunung Merbabu itu menjadi destinasi wisata alam alternatif yang cukup favorit.Gardu pandang yang dibangun tepat menghadap Gunung Merapi tersebut mulai menjadi lokasi favorit wisatawan yang berkunjung ke Selo, Boyolali. Bangunannya terbuat dari kayu dan bambu setinggi 10 meter. Pembangunan fasilitas baru itu dilakukan secara swadaya warga setempat. Pengunjung yang datang ke gardu pandang ini akan merasakan sensasi berada di atas awan, tanpa perlu mendaki puncak Gunung Merapi atau Merbabu. Pengunjung dapat mendirikan tenda, sekaligus menunggu datangnya sunrise maupun sunset. Untuk mencapai gardu itu, pengunjung bisa berjalan kaki sekitar 20 menit. Bisa juga menempuh perjalanan menggunakan sepeda motor melintasi jalur-jalur pertanian yang sebagian sudah dibeton.

Untuk masuk ke Bukit Gancik, kita hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp5.000,-/orang. Sedangkan motor bisa kita parkirkan di rumah warga di jalur pendakian bukit ini. Biasanya, pengunjung akan memarkirkan kendaraan di rumah warga paling ujung, dan kita hanya perlu membayar uang parkir sebesar Rp2.000,- saja.  Disini juga banyak ojek motor yang menawarkan jasanya. Kita hanya perlu membayar Rp10.000,- sekali jalan (naik atau turun).

  1. Gardu Pandang Alam Sutera

Alam Sutra merupakan spot wisata yang berupa gardu pandang di tengah perkebunan milik warga sekitar yang tidak jauh dari daerah kawasan wisata Selo. Tepatnya terletak di Dukuh Pojok Samiran, Kecamatan Selo, Boyolali. Desa Wisata Alam Sutra menawarkan pesona alam dengan landskap pegunungan. Lokasinya yang berada di ketinggian membuat desa wisata ini sangat layak jadi tempat melarikan diri dari kesibukan harian. Gardu pandang yang ada di desa wisata ini sendiri dibentuk senyaman mungkin agar kamu bisa menikmati hamparan pepohonan dengan latar pegunungan.

Selain gardu pandangnya kamu juga bisa ke Petilasan Kebokanigoro yang konon menjadi tempat Ki Kebokanigoro mukso (menghilang). Atau melihat aneka jenis tanaman sayur dan buah-buahan yang terhampar luas. Ada beberapa tempat/ gardu pandang yang bisa pengunjung pakai untuk berfoto-foto, antara lain gardu pandang yang terdapat tulisan Alam Sutra, gardu pandang yang terdapat tulisan Pohon Harapan, gardu pandang yang terdapat ornamen berbentuk hati yang terbuat dari bambu, dan lain-lain.

  1. Kedung Goro

Terletak di Desa Bolo, Kecamatan Wonosegoro, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Kedung yang dalam bahasa Indonesia berarti kolam, merupakan sebuah cerukan dalam di aliran sungai membentuk satu wisata air alami. Kedung Goro menawarkan pesona menyejukan dengan landscape sungai berwarna jernih kehijauan, bebatuan besar dan juga serumpun pepohonan.  Batu-batu cadas yang membentang di sepanjang sungai itu menciptakan eksotisme alam yang mempesona. Di sana, sebuah batu seukuran rumah membentuk lekukan-lekukan halus mengikuti alur sungai dan menyerupai bandul bulat. Ada yang berlubang hingga ke bawah batu, ada pula yang meliuk-liuk indah. Gemericik air tumpah dari atas, lalu timbul tenggelam di sela-sela bebatuan. Dedaunan tanaman hijau dan lumut sungai lebat kian menyejukkan mata.

Lokasi ini cocok sekali buat kamu yang suka fotografi alam. Terlebih buat kamu yang ingin jejeguran dan bersenang-senang bersama teman-teman. Kedung Goro memiliki tiga kedung, yaitu: di bawah,  di tengah dan di atas. Kedung paling dalam adalah bagian tengah, kedalamannya mencapai 5 meter. Para pengunjung bisa memacu adrenalin dengan menghanyutkan diri atau arum jeram di bebatuan. Jika menginginkan lebih menantang lagi, pengunjung bisa memanjat tebing bebatuan lalu melompat ke dasar sungai dari ketinggian sekitar tujuh meter. Jika tak cukup nyali, bisa sekedar berfoto dengan latar belakang pemandangan alam yang menggoda mata itu. Buat kamu yang belum bisa berenang, sebaiknya jangan coba-coba mainan air ke tengah ya. Mainan airnya di ciblon-nya aja biar lebih aman.

 

Top

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *