5 Destinasi Wisata Alam “Recomended” Di Karanganyar

Karanganyar merupakan sebuah kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Tengah. Kabupaten Karanganyar sempat menjadi terkenal di Indonesia karena sebagai “Kota Jemani”. Dahulu pada saat demam jemani, Kabupaten Karanganyar merupakan salah satu penghasil jemani dengan kualitas bagus. Selain Jemani tentunya juga banyak sekali dikembangkan tanaman hias disana seperti anthurium, gelombang cinta, adenium, dan lain sebagainya. Kondisi iklim di Kabupaten Karanganyar yang terdapat di lereng Gunung Lawu ini memang sangat cocok untuk tanaman hias serta tanaman buah dan sayur atau hortikultura. Sampai saat ini, tanaman hias masih dijadikan sebagai salah satu komoditas unggulan di Karanganyar, namun kepopulerannya sudah tidak seperti dulu. Para wisatawan yang berkunjung ke Grojogan Sewu masih banyak yang membeli tanaman hias ini sebagai oleh-oleh keluarga dirumah. Lokasi Kabupaten Karanganyar adalah 14 km di sebelah timur Kota Surakarta atau Solo. Dengan demikian pariwisata di Karanganyar tidak bisa dilepaskan dari Pariwisata di Kota Solo. Berikut ini beberapa wisata yang ada di Karanganyar.

  1. Grojogan Sewu

Air Terjun Grojogan Sewu terletak di Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah atau lebih tepatnya tersembunyi di lereng Gunung Lawu. Kalau kamu berangkat dari kota Karanganyar, kamu harus menempuh perjalanan kurang lebih 27 atau selama 45 menit. Air terjun Grojogan Sewu dinobatkan sebagai air terjun tertinggi di Jawa Tengah. Selain itu juga masuk dalam kawasan Hutan Wisata Grojogan Sewu yang memiliki luas sekitar 20 Ha. Hutan ini dihiasi jejeran pohon yang bisa menjadi spot foto yang menarik. Dan kabarnya, di kawasan hutan ini banyak dihuni sekelompok kera jinak. Jadi, kamu juga bisa coba mengabadikan moment bersama kera-kera ini. Disini ada mitos yang menyelimuti jembatan tersebut. Konon, jika pasangan yang melintas di atas jembatan itu berhenti di tengah jalan, maka sepulang dari air terjun hubungan mereka akan gonjang-ganjing.

Akses untuk menuju lokasi wisata ini cukup mudah yaitu hanya perlu menyusuri anak tangga yang jika dihitung sebanyak kurang lebih 1250 buah anak tangga yang sudah dibuat khusus untuk memudahkan pejalan kaki. Sembari menyusuri anak tangga, wisatawan akan disuguhi pemandangan alam hutan yang sangat asri. Air Terjun Grojogan Sewu sudah dilengkapi berbagai fasilitas dan wahana bermain. Selain mengabadikan momen bersama Kera kamu juga bisa melihat binatang lain di Taman Binatang Hutan. Di sekitar air terjun juga sudah dilengkapi fasilitas berupa tempat istirahat, kios makanan, kios buah-buahan dan cinderamata, mushola dan MCK. Untuk wahana permainan, kamu bisa mencoba bermain di Mini Waterboom, Mini Rafting, Out Bond dan Flying Fox. Biaya masuk ke lokasi air terjun seharga Rp. 18.000 per orang sedangkan jam bukanya sampai jam 16.00 WIB.

  1. Candi Cetho

Candi cetho berlokasi Dusun Ceto, Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Candi Cetho sendiri merupakan sebuah candi peninggalan dari agama hindu pada saat masa kejayaan kerajaan majapahit. Tentunya di lokasi candi ini memiliki keunikan serta keunggulan tersendiri di banding dengan candi-candi lainnya. masih di lokasi yang sama, terdapat pula petilasan Ki Ageng Krinciwesi yang menjadi sebuah ikon dari leluhur desa cetho ini. Disini anda akan menemukan sembilan tingkatan berundak dari candi. Sebelum memasuki gapura besar berbentuk candi bentar, anda akan disambut oleh dua pasang arca penjaga. Tingkat pertama setelah gapura masuk (yaitu teras ketiga) merupakan halaman candi begitu juga dengan tingkat kedua yang masih berupa halaman. Pada tingkat ketiga, anda akan menemukan petilasan Ki Ageng Krincingwesi yakni leluhur masyarakat Dusun Ceto. Sedangkan pada tingkatan selanjutnya, anda akan menemukan beberapa relief dan dan patung dari candi tersebut.

Candi Cetho memiliki panjang 190 m dan lebar 30 m dan berada pada ketinggian 1496 mdpl. Karena lokasinya di dataran tinggi, secara otomatis udara disini sangat sejuk dan segar, apalagi masih banyak pepohonan disekelilingnya. Candi yang masih aktif digunakan untuk melakukan peribadatan umat Hindu ini memiliki arsitektur yang sangat cantik dan indah untuk hunting foto. Banyak foto­foto para traveler di Candi Cetho yang sudah viral di kalangan netizen melalui instagram. Untuk harga tiket masuk Candi Cetho Rp.7.000,­ per orang.

  1. Perkebunan Teh Kemuning

Lokasi Kebun Teh Kemuning berada di kaki gunung Lawu, tepatnya di Desa Kemuning, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Perkebunan Teh Kemuning ini dikelola oleh PT Rumpun Sari Kemuning dan menempati gedung yang terletak disekitar kawasan kebun teh. Disini anda dapat menghirup udara sejuk dengan suhu rata-rata 21,5 derajat celcius. Di tempat ini pengunjung dapat menikmati indahnya perkebunan teh yang hijau dengan udara yang sejuk. Selain itu di tempat ini dapat dijadikan sebagai ajang untuk hobi aero sport paralayang tepatnya di Venues Bukit Paralayang Ds. Segoro Gunung Kemuning Karanganyar. berada pada ketinggian yang bervariasi antara 800 hingga 1.540 mdpl dengan kelembaban berkisar 60 – 80 persen dengan penyinaran matahari hanya 40 – 55 persen. . Luas lahan yang aktif berproduksi perkebunan ini adalah 392 hektar, dari total seluas 437 hektar. Sisanya untuk pabrik pengolahan teh, pembibitan, emplasemen dan rumah dinas atau rumah tinggal. Dari lahan aktif, bisa dihasilkan 12 hingga 15 ton daun teh basah.

Kesejukan udara di are wisata kebun teh kemuning dengan hamparan hijau kebun teh di lereng Gunung Lawu yang membentuk piramida-piramida pohon teh patut disyukuri dan dinikmati bersama. Betapa indahnya bila kesejukan-kesejukan udara ini merasuk dalam sanubari. Sejauh mata memandang tersaji hamparan hijau kebun teh. Bentuknya sangat mirip piramida. Sebuah pemandangan yang begitu memanjakan indera penglihatan. Disini anda tidak hanya bisa menikmati keindahan alam hamparan kebun teh dan melihat para pekerja sedang memetik teh. anda juga bisa melihat secara langsung proses pembuatan teh dari awal hingga akhir. Di area wisata kebun teh kemuning ini anda bisa mampir ke satu tempat seru yang sangat cocok untuk para penggemar teh. Namanya adalah Rumah Teh Ndoro Donker.

Dengan suasana yang sejuk khas pegunungan, Rumah Teh Ndoro Donker menjadi tempat nongkrong favorite mereka yang berkunjung ke wisata kebun teh kemuning. Ada berbagai jenis teh yang bisa dinikmati di Ndoro Dongker dengan harga yang relatif terjangkau. Beberapa jenis teh yang bisa dinikmati disana antara lain teh hijau kemuning, teh hitam donker, teh aroma Inggris (earl grey, cemomile, lady grey, mint, passion fruit ), teh raja, teh putih, dan teh herbal. Teh bisa disajikan dalam cangkir ataupun teko kecil. Di tempat ini juga tersedia berbagai menu makanan mulai dari makan berat seperti nasi goreng, sup iga, iga bakar hingga makanan ringan macam singkong goreng, bitterbalen dan sebagainya. Tempat minum teh pun bisa dipilih. Mau di ruangan ruangan terbuka atau di dalam rumah. Tinggal pilih sesuai selera.

  1. Goa Tlorong

Goa ini terletak di desa Lempong Kecamatan Jenawi, merupakan goa alami yang memiliki ukuran mulut goa 2m x 1,5m. Goa Tlorong memiliki daya tarik lingkungan alam yang indah serta Goa TlorongGoa ini terletak di desa Lempong Kecamatan Jenawi, merupakan goa alami yang memiliki ukuran mulut goa 2m x 1,5m. Goa Tlorong memiliki daya tarik lingkungan alam yang indah serta hawa sejuk dan mempunyai latar belakang Gunung Kembar, sehingga cukup berpotensi untuk dijadikan sebuah objek wisata.

Jalan akses menuju Goa Tlorong ini sedikit menantang, kita harus melewati hutan pohon karet yang luas dengan tikungan yang lumayan tajam. Kemudian kita melewati perkampungan, jalan di perkampungan itu sedikit licin karena berlumut kalau menutut saya lebih baik mengendarai motor ketika berkunjung kesana karena jalan yang dilewati cukup sempit. Setelah itu untuk menuju Goa Tlorong kita harus menitipkan kendaraan kita kepada warga setempat dan jika ingin di temani maka warga setempat yang sangat ramah itu bersedia untuk memandu. Sebelum menjacai Goa Tlorong kita harus menuruni bukit terlebih dahulu karena tempat Goa Tlorong ini sedikit tersembunyi. Di sana ada 3 Goa tetapi saya baru melihat 2 Goa yang satu bertempat dibawah dan Goa lainnya ada di atasnya tetapi tenang sudah dibangun tangga untuk ke Goa yang atas walaupun tangganya tidak penuh. Jangan lupa ketika ingin ke Goa Tlorong bawa masker dan juga senter karena di dalamnya terdapat kelelawar yang sangat banyak dan bawa senter sebagai penerangan untuk melihan keindahan di dalam Goa Tlorong.

Menurut warga sekitar Goa itu dulunya merupakan tempat persembunyian tentara – tentara PKI, dan kata warga juga dulu Goa tersebut sempat akan dibangun persinggahan untuk presiden tetapi karena sesuatu hal maka pembangunan itu di batalkan. Goa ini sangat indah, dan belum terlalu banyak yang mengetahui dan mengunjunginya jadi suasana di sana masih sangat asri, cocok untuk kami yang senang dengan jelajah alam. memasuki Goa ini kita harus merunduk karena lubang menuju ruang Goa sangatlah pendek sekitar 50 cm dan terdapat aliran air yang sangat jernih dari dalam. Tetapi ketika telah sampai di dalam ruang Goa tampak sangat luas dan terdapat pintu – pintu Goa. Tetapi di Goa atas pintu masuknya sangat tinggi tetapi jalan untuk memasuki ruang Goa sedikit menurun dan licin. Sungguh itu adalah keindahan Indonesia yang tersembunyi, yang benar – benar masih alami. Jika anda berminat kunjungi saja Goa Tlorong ini, suasana alami akan menyambut anda dan memanjakan anda.

  1. Bukit Sekipan

wisata Bukit Sekipan di kaki Gunung Lawu, Kalisoro, Tawangmangu, Karanganyar sudah dikenal sejak zaman penjajahan Belanda sebagai wisata hutan dan perkemahan. Lokasi sebagai tempat latihan sejumlah tentara untuk arena tembak tersebut saat ini mulai dilirik wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri. Dalam lokasi wisata Bukit Sekipan disediakan sejumlah wahana bagi pengunjung seperti lokasi outbound, lokasi edukasi bagi anak-anak, leadership program, kuliner, penginapan, taman wahana seperti water boom, play gound, serta taman miniatur zoo. pengunjung hanya perlu merogoh uang Rp 20.000 sebagai tiket masuk khusus hari Senin-Jumat dan Rp 25.000 untuk hari Sabtu, Minggu dan Hari Libur. Bukti Sekipan membuka wisatanya mulai pukul 09.00 WIB sampai dengan pukul 18.00 WIB. Sedangkan untuk pengunjung yang ingin menikmati permainan outbound di Bukit Sekipan, pihak pengelola mematok tiket Rp 100.000 per orang untuk hari biasa dan Rp 125.000 untuk akhir pekan.

Sementara bagi pengunjung yang ingin lebih puas menikmati hawa dingin kaki Gunung Lawu, pihak pengelola juga menyediakan penginapan. Fasilitas yang disediakan di Bukit Sekipan yaitu; Waterboom, Taman, Rumah Makan, Villa, Hotel dan Musholla, Outbond Area (Berbagai jenis permainan outbond, Tanah lapang berumput yang luas, Rumah Joglo besar untuk in house trining, Kolam renang, kolam ikan, Jembatan goyang, Flying  Fox, Aneka tanaman obat – obatan herbal, Trampolin), Outbond Islami (Joglo, Miniatur Ka’bah, Tempat untuk lempar jumrah / jamarot, Tempat untuk Sa’iKain Ikhrom).

Top

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *